by

Menyambut New Normal ?

-Uncategorized-1,642 views

Kegaduhan yang muncul di media sosial akhir-akhir ini seakan-akan sedang menyudutkan pemerintah dengan hadirnya konsep New Normal. Istilah New normal sebenarnya bukanlah hal baru dalam sejarah beberapa bangsa-bangsa. Pasca pendemi Spanyol antara tahun 1918-1920 juga diterapkan sistem yang sama, namun beda Istilah seperti, revolusi, atau lebih dekat ke transisi sistem. Istilah New Normal adalah istilah distingtif sebagai hasil keputusan konklutif, kontekstualisasi Rule, indigenisasi, dan vernakularisasi rule secara universal dengan realitas sosial, budaya, ekonomi, politik, dan agama di di suatu bangsa. Dalam tinjuan kultural studies paradigma New Normal merupakan bentuk perubahan dari sistem dasar baru yang merujuk pada tataran dasar sosial yang sudah ada ke arah pembaruan sistem tersebut

Jika dilihat dari aspek perilaku hegemoni, publik merasa istilah ini sepertinya #terlalu_dipaksakan untuk diterima dan diimplementasikan. Wajar saja Antonio Gramsci dicap sebagai dewanya pengkhianat bangsa dalam peradaban Italia yang paling terpuruk untuk para penguasa saat itu. Namun sebagian kalangan memberi predikat konsep hegemoni yang digagas Gramsi sebagai tokoh revolusioner Italia yang memimpin pergerakan dalam tataran masyarakat class root (klass bawah) melawan segala dominasi dan kebijakan negara yang dianggap represif dan kontra terhadap realitas masyarakatnya. sebenarnya hal ini merupakan bentuk dominasi dan tindakan negara yang berlebihan mengintervensi terhadap lini kehidupan masyarakat.

Sudah menjadi hal wajar dalam sistem New Normal memiliki banyak persepsi antara masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan negara, bahkan antara presiden dan mentripun sering kali beda tafsir bahkan tak mengerti satu sama lain.

Biarlah, mungkin ini bisa jadi permainan kata -kata dari sang penguasa untuk membuat masyarakat bingung..

 Suka suka lu_pade aja
masyarakat kecik bisa apa ?
 Salam NewNormal

Oleh

Anhar, S.Pd M.Pd

Wakil Ketua Lembaga Bahasa Stie Balikpapan

Wakil Ketua BAK Stie Balikpapan

Dosen Stie Balikpapan

Owners edunews-institute.com

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed